RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas / Semester :
XI/1
Mata Pelajaran : Matematika
Materi pokok :
Trigonometri
Sub
materi pokok : Aturan sinus, aturan cosinus,
dan luas segitiga
Alokasi Waktu : 8
x 45 menit ( 4 x pertemuan)
Tahun Ajaran : 2014/2015
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
1.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.1. Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih
dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
3.11 Mendeskripsikan dan
menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam menentukan luas
daerah segitiga
Indikatornya:
3.11.1 Menentukan aturan sinus dan
aturan kosinus
3.11.2 Menentukan luas daerah segitiga
4.8
Merancang dan mengajukan masalah nyata terkait
luas segitiga dan menerapkan aturan sinus dan kosinus untuk menyelesaikannya
Indikatornya:
4.8.1
Menyelesaikan
masalah nyata yang berkaitan dengan luas segitiga
C.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran: Dengan mengamati, berdiskusi, secara
aktif siswa dapat memahami aturan sinus dan aturan cosinus serta luas segitiga
D.
Materi Ajar
Trigonometri:
-
Aturan Sinus
-
Aturan Cosinus
-
Luas Segitiga
E.
Metode/model/pendekatan
pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik
(scientific).
Model : Discovery
Learning
Metode : Diskusi, tanya jawab,
F.
Sumber,
Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø Sumber
Pembelajaran :
-
Matematika,
SMA/MA Kelas XI Semester 1.
2014. kementerian
Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
-
Lembar
penilaian
-
Buku referensi lain
Ø Media
Pembelajaran dan Alat :
LAS (Lembar
Aktivitas Siswa), Whiteboard, spidol.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke-1: 2× 45 menit
TAHAP PEMBELEJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN PESERTA
DIDIK
|
|
Fase 1:
Simulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
Fase 2: Problem statement (pernyataan/identifikasi
masalah)
Fase3 : Data Collection (pengumpulan data)
Fase 4: Data Processing (pengolahan data)
Fase 5: Verification (pembuktian)
Fase 6 : generalization (menarik kesimpulan /
generalisasi:
|
Pendahuluan (10
menit)
·
Guru menyampaikan
salam, mengecek kehadiran dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti
pelajaran
Apersepsi :
Guru
mengingatkan kembali mengenai pelajaran di kelas X, tentang konsep trigonomteri untuk
segitiga siku-siku
Motivasi:
Guru memotivasi kepada peserta didik
Kegiatan Inti (65 menit)
Mengamati:
·
Guru meminta peserta didik mengamati masalah 6.1 pada
buku siswa halaman 179
·
Guru meminta peserta didik menelaah alternatif
penyelesaiaanya pada halaman 180
Menanya:
·
Guru meminta peserta didik untuk bertanya mengenai hal
yang berhubungan dengan aturan sinus
Mengumpulkan Informasi/Eksperimen
·
Gurumeminta peserta didik mencermati proses penemuan
aturan sin menggunakan gambar segitiga lancip pada halaman 181
·
Guru meminta peserta didik mencermati gambar segitiga
tumpul pada lembar aktivitas siswa
·
Guru melakukan tanya jawab tentang permasalah awal yang
disajikan oleh guru
·
Guru memancing peserta didik dengan memberikan
pertanyaan apakah aturan sin berlaku di sembarang segitiga
Mengasosiasi
·
Guru meminta peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur
yang terdapat pada msalah 6.1
·
Guru mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui pada
segitiga tumpul pada Lembar aktifitas siswa
·
Guru meminta peserta didik menyelesaikan masalah 1
menggunakan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
Mengkomunikasikan
·
Guru meminta kepada peserta didik untuk membuktikan
aturan sin berlaku juga pada segitiga tumpul
·
Guru meminta peserta didik mempresentasikan hasil di
depan kelas dan guru bersama pesert didik membuat kesimpulan tentang aturan
sin
Penutup
(15 menit)
·
Guru mengajak peserta didik menyimpulkan materi yang
telah dibahas
·
Guru memberikan latihan mandiri yaitu PR berupa
soal-soal mengenai aturan sin dan
mempelajari materi selanjutnya yaitu aturan cosinus
·
Guru memberi salam penutup pada peserta didik
|
·
Peserta didik memberi salam kepada guru , menyampaikan
kehadirannya, dan mempersiapkan buku pelajaran serta alat tulis dengan
disiplin
Peserta
didik mengingat kembali mengenai pelajaran di kelas X, tentang konsep
trigonometri untuk segitiga siku-siku
Peserta didik mendengarkan dan menyimak penjelasan guru
·
Peserta didik mengamati masalah 6.1
·
Peserta didik menelaah alternatif penyelesaian masalah
6.1
·
Peserta didik bertanya kepada guru mengenai aturan
sinus, misalnya bagaimana cara mendapatkan rumus aturan sinus?
·
Peserta didik mencermati proses penemuan aturan sin
menggunakan gambar segitiga lancip pada halaman 181
·
Peserta didik mencermati gambar segitiga tumpul pada
lembar kerja siswa
·
Siswa berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang
permasalahan awal yang didajikan oleh guru
·
Peserta didik memberikan jawaban apakah aturan sin
berlaku di sembarang segitiga
·
Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur yang
terdapat pada masalah 6.1
·
Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur yang
diketahui pada segitiga tumpul pada Lembar aktifitas siswa
·
Peserta didik menyelesaikan masalah 1 menggunakan
konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
·
Peserta didik membuktikan aturan sin berlaku juga pada
segitiga tumpul
·
Peserta didik mempresentasikan hasil di depan kelas dan
guru bersama pesert didik membuat kesimpulan tentang aturan sin
·
Peserta didik membuat simpulan dari materi yang telah
dibahas
·
Peserta didik mencatat PR yang diberikan oleh guru dan
mendengarkan instruksi guru untuk mempelajari materi selanjutnya
·
Peserta didik memberikan salam kepada guru dengan
disiplin
|
Pertemuan
ke-2:2× 45 menit
TAHAP
PEMBELEJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
PESERTA DIDIK
|
|
Fase 1:
Simulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
Fase 2: Problem statement
(pernyataan/identifikasi masalah)
Fase3 : Data Collection (pengumpulan
data)
Fase 4: Data Processing (pengolahan
data)
Fase 5: Verification (pembuktian)
Fase 6 : generalization (menarik
kesimpulan / generalisasi:
|
Pendahuluan (10 menit)
· Guru menyampaikan salam, mengecek kehadiran dan
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
Apersepsi:
· Guru
mengingatkan kembali mengenai aturan sinus
Motivasi:
·
Guru memotivasi
kepada peserta didik
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Kegiatan
Inti (65 menit)
Mengamati
· Guru mengajukan/ menunjukkan masalah kepada peserta
didik untuk didiskusikan dalam menemukan konsepaturan kosinus
Menanya:
· Guru meminta siswa untuk menanyakan tentang masalah
atau membuat pertanyaan mengenai aturan kosinus
Mengumpulkan informasi/Eksperimen
· Guru meminta siswa berdiskusi masalah 6.2 pada buku siswa halaman 185 dan alternatif penyelesaiannyahalaman 186
Mengasosiasi
· Guru memberikan contoh sebuah segitiga yang
diketahui dua sisinya dan sebuah sudut dan meminta peserta didik untuk
mencari nilai sisilainya.
· Guru meminta peserta didik untuk mencoba mencari nilai
sudut dari nilai 3 sisi yang diketahui menggunaan aturan kosinus
· Guru meminta peserta didik mencoba menentukan
sudut jika diketahui dua sisi dari sebuah segitiga siku-siku ABC
Mengkomunikasikan
· Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan
jawaban dari pertanyaan yang sudah di bahas oleh peserta didik sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai aturan kosinus
· Guru mengkoreksi kekeliruan peserta didik
· Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik yang
merasa kurang jelas atau kurang mengerti untuk bertanya
· Guru membahas pertanyaan yang belum terpecahkan oleh
peserta didik dan memberikan penegasan mengenai materi yang diajarkan
Penutup
(15 menit)
· Guru mengajak peserta didik menyimpulkan materi yang
telah dibahas
· Guru memberikan latihan mandiri yaitu PR berupa
soal-soal mengenai auran
kosinus dan menugaskan
peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya
· Guru memberi salam penutup pada peserta didik
|
· Peserta didik memberi salam kepada guru , menyampaikan
kehadirannya, dan mempersiapkan buku pelajaran serta alat tulis dengan
disiplin
· Peserta didik
mengingat kembali mengenai aturan sinus
· Peserta didik mendengarkan dan menyimak penjelasan guru
· Peserta didik mendengarkan tujuan pembelajaran
· Peserta didik melatih kesungguhan, ketelitian dan
mencari informasi tentang konsep aturan kosinus
· Peserta didik
bertanya pada guru tentang dari mana datangnya aturan kosinus
· Peserta didik berdiskusi masalah 6.2 dan membaca
alternatif penyelesaiannya.
·
Peserta didik melihat contoh
yang diberikan guru dan berusaha untuk mencari nilai dari sisi lainnya
· Peserta didik mencari nilai sudut dari nilai 3 sisi
yang diketahui menggunaan aturan kosinus
· Peserta didik menentukan sudut A,B,C, jika diketahui
dua sisi (AB, dan BC), dari sebuah segitiga siku-siku ABC.
· Peserta didik menghubungkan jawaban-jawaban dari
permasalahan-permasalahan yang telah diberikan, dan membuat kesimpulan
mengenai aturan
kosinus
· Peserta didik menyimak koreksi dari guru
· Peserta didik bertanya mengenai hal yang belum jelas
atau kurang dimengerti
· Peserta didik menymak pembahasan yang dijelaskan oleh
guru dan mencatanya bila perlu
· Peserta didik membuat simpulan dari materi yang telah
dibahas
· Peserta didik mencatat PR yang diberikan oleh guru dan
mendengarkan instruksi guru untuk mempelajari materi selanjutnya
· Peserta didik memberikan salam kepada guru dengan
disiplin
|
Pertemuan
ke-3:2× 45 menit
TAHAP
PEMBELEJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
PESERTA DIDIK
|
|
Fase 1:
Simulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
Fase 2: Problem statement
(pernyataan/identifikasi masalah)
Fase3 : Data Collection (pengumpulan
data)
Fase 4: Data Processing (pengolahan
data)
Fase 5: Verification (pembuktian)
Fase 6 : generalization (menarik
kesimpulan / generalisasi:
|
Pendahuluan (10 menit)
· Guru menyampaikan salam, mengecek kehadiran dan
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
Apersepsi:
· Guru
mengingatkan kembali mengenai aturan kosinus
Motivasi:
·
Guru memotivasi
kepada peserta didik
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Kegiatan
Inti (65 menit)
Mengamati
· Guru mengajukan/ menunjukkan masalah kepada peserta
didik untuk didiskusikan dalam menemukan konsep luas segitiga
Menanya:
· Guru meminta siswa untuk menanyakan tentang masalah
atau membuat pertanyaan mengenai luas segitiga sembarang
Mengumpulkan Informasi/Eksperimen
· Guru meminta siswa berdiskusi masalah 6.3 pada buku siswa halaman 188 dan alternatif penyelesaiannyahalaman 189
Mengasosiasi
· Guru memberikan contoh sebuah segitiga yang
diketahui dua sisinya dan sebuah sudut dan meminta peserta didik untuk
mencari luas segitiga tersebut
· Guru meminta peserta didik untuk mencoba mencari nilai
sudut dari nilai luas segitiga dan dua sisi yang diketahui
· Guru meminta peserta didik mencoba menentukan luas
segi empat dari dua sisi dan sebuah sudut yang diketahui
Mengkomunikasikan
· Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan
jawaban dari pertanyaan yang sudah di bahas oleh peserta didik sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai luas segitiga sembaraang
· Guru mengkoreksi kekeliruan peserta didik
· Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik yang
merasa kurang jelas atau kurang mengerti untuk bertanya
· Guru membahas pertanyaan yang belum terpecahkan oleh
peserta didik dan memberikan penegasan mengenai materi yang diajarkan
Penutup
(15 menit)
· Guru mengajak peserta didik menyimpulkan materi yang
telah dibahas
· Guru memberikan latihan mandiri yaitu PR berupa
soal-soal mengenai luas
segitiga sembarang dan menugaskan peserta didik
untuk mempelajari materi
trigonometri karena pada pertemuan berikutnya akan diadakan ulangan harian
keenam
· Guru memberi salam penutup pada peserta didik
|
· Peserta didik memberi salam kepada guru , menyampaikan
kehadirannya, dan mempersiapkan buku pelajaran serta alat tulis dengan
disiplin
· Peserta didik
mengingat kembali mengenai aturan sinus
· Peserta didik mendengarkan dan menyimak penjelasan guru
· Peserta didik mendengarkan tujuan pembelajaran
· Peserta didik melatih kesungguhan, ketelitian dan
mencari informasi tentang konsep luas segitiga
· Peserta didik
bertanya pada guru tentang bagaimana cara mencari luas dari segitiga
sebarang
· Peserta didik berdiskusi masalah 6.2 dan membaca
alternatif penyelesaiannya.
·
Peserta didik melihat contoh
yang diberikan guru dan berusaha untuk mencari nilai luas segitiga tersebut
· Peserta didik mencari nilai sudut dari nilai luas
segitiga yang diketahui dan dua sisi lainnya
· Peserta didik menentukan luas segi empat dari dua
sisi dan sebuah sudut yang diketahui
·
Peserta didik
menghubungkan jawaban-jawaban dari permasalahan-permasalahan yang telah
diberikan, dan membuat kesimpulan mengenai luas segitiga sembarang
· Peserta didik menyimak koreksi dari guru
· Peserta didik bertanya mengenai hal yang belum jelas
atau kurang dimengerti
· Peserta didik menymak pembahasan yang dijelaskan oleh
guru dan mencatanya bila perlu
· Peserta didik membuat simpulan dari materi yang telah
dibahas
· Peserta didik mencatat PR yang diberikan oleh guru dan
mendengarkan instruksi guru untuk mempelajari materi trigonometri
karena pada pertemuan berikutnya akan diadakan ulangan harian keenam
· Peserta didik memberikan salam kepada guru dengan
disiplin
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian
Sikap : Teknik Non Tes, BentukPengamatan sikap dalam
pembelajaran
Penilaian
pengetahuan : Teknik Tes Tertulis, BentukUraian
Penilaian
Keterampilan : Teknik Non Tes, BentukKinerja
No
|
Indikator
penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap:
Menunjukkan rasa ingin tahu, dan
disiplin dalam menyelesaikan masalah aturan
sinus dan kosinus
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan:
Menyelesaikan masalah aturan sinus dan kosinus dan luas
segitiga sembarang
|
Tes
tertulis
|
Penyelesaian
tugas individu, tungas
kelompok
|
3.
|
Keterampilan:
Membuat fungsi, terampil menentukan luas segitiga
menggunakan aturan sinus dan kosinus
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas individu, kelompok
|
I. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Lembar penilaian :
Teknik : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian singkat
Instrumen :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Instrumen
|
Menentukan aturan sinus dan aturan kosinus serta
luas daerah segitiga
|
2. Pada segitiga ABC, diketahui
3. Diketahui segitiga ABC
Hitunglah unsur-unsur yang lain
dengan menggunakan aturan sinus
4. Hitunglah Luas segitiga ABC
jika diketahui
|
Penilaian
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Dan
Maka
|
2
1
1
1
1
1
1
1
1
|
2.
|
|
1
1
2
2
3
|
3.
|
|
3
|
|
Total Skor
|
22
|
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai barikut :
Nilai
akhir :
|
Mengetahui,
Guru Pamong
( Heri Risdianto, S.Pd
)
NIP : 19760223200604 1 004
|
|
Langsa, Nopember
2014
Guru Mata Matematika
( Siti Nur Sudiarti )
NIM : 131100888
|
Lembar Aktifitas Siswa
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : XI
MIA / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Indikator
Pencapaian : 1. Mendeskripsikan dan
menganalisis aturan sinus
Alokasi Waktu : 60 menit
Diskusikanlah masalah-masalah berikut di kelompok
masing-masing!
Masalah 1
Tiga orang berada di tiga tempat
misalkan di titik A, titik B, dan titik C di suatu tanah lapang, sedemikian
hingga besar sudut BAC = 45°
dan besar sudut ABC = 60 °.
Orang pertama yang berada di A bergerak bergerak menuju ke C dengan kecepatan
12 km/jam, sedangkan orang kedua berada di B bergerak ke C juga. Orang pertama
dan orang kedua bergerak pada saat yang sama dan sampai di C pada saat
bersamaan pula.
Tentukan
kecepatan orang kedua yang bergerak dari B ke C .
Penyelesaian
Masalah 2
Perhatikan segitiga ABC Berikut.
Langkah Penyelesaian:
- Tentukan t dalam bentuk a
dan sinus dari suatu sudut tertentu.
- Tentukan t dalam bentuk b
dan sinus dari suatu sudut tertentu.
- Gunakan manipulasi aljabar
untuk menunjukkan :
- Sekarang perhatikan segitiga ABC
yang sama tetapi dengan menggunakan tinggi yang berbeda, yaitu h.
Tentukan h dalam bentuk c dan sin dari suatu sudut tertentu.
- Tentukan h dalam bentuk b
dan sin dari suatu sudut tertentu.
- Gunakan manipulasi aljabar
untuk menunjukkan :
- Dari langkah ke-3 dan ke-6 apa
yang dapat disimpulkan?
- Apakah dari rumus yang
diperoleh pada langkah ke-7, berlaku pula pada segitiga tumpul? Buktikan.
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika (Wajib)
Kelas/Semester : XI/1
Topik : Trigonometri
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan :
Indikator sikap
aktif dalam pembelajaran program linear
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil
bagian dalam pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara
terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik jika sama
sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif.
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
bh
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika (Wajib)
Kelas/Semester : XI/1
Topik : Trigonometri
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan : 10 menit
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan menentukan luas segitiga
menggunakan aturan sinus dan kosinus.
1.
Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan menentukan luas segitiga
menggunakan aturan sinus dan kosinus.
2.
Terampil jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang menentukan luas segitiga menggunakan aturan
sinus dan kosinus tetapi belum tepat.
3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan menentukan luas segitiga
menggunakan aturan sinus dan kosinus dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Ketrampilan
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KT
|
T
|
ST
|
KT
|
T
|
ST
|
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar